Perpisahan Kepala Sekolah dan Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 12 Yogyakarta

Perpisahan purna tugas Bapak Subandiyo, S.Pd (kepala sekolah) dan Bapak Sofwan, M.Pd (guru Bahasa Jawa) dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juni 2019 bertempat di Rumah Makan Sari Rasa, Dieng, Jalan Bhayangkara, Wonosobo. Bapak/Ibu guru dan karyawan kurang lebih 45 orang berangkat pada hari Jumat pukul 23.35 WIB dari SMP Negeri 12 Yogyakarta.

Rombongan sampai di lokasi kurang lebih pukul 03.30 WIB hari Sabtu. Cuaca Dieng pada saat itu sangat dingin, dan suhunya mencapai 11 derajat. Oleh karena itu, saat melaksanakan salat subuh seperti berwudhu menggunakan air kulkas. Hingga beberapa Bapak/Ibu guru menggigil kedinginan. Objek wisata yang pertama didatangi adalah Bukit Sikunir. Sebelum berangkat mendaki puncak Sikunir, beberapa teman menghangatkan badan dengan bergerombol di warung kopi yang menyediakan penghangat berupa pemanas tradisional anglo. Rombongan menunggu waktu subuh di sana. Setelah melaksanakan salat subuh, beberapa bapak/Ibu guru mulai mendaki menuju puncak Sikunir. Alhamdulillah hampir semua bisa sampai di puncak Bukit Sikunir dan menikmati pemandangan indah terbitnya matahari dari ketinggian Dieng.

Dari Bukit Sikunir, rombongan melanjutkan perjalanan ke Rumah Makan Rumah Bumi, Dieng untuk mandi dan sarapan pagi. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. Rombongan berjalan-jalan menikmati dua objek tersebut kurang lebih sampai pukul 11.00 WIB. Berlanjutlah perjalanan menuju objek terakhir yaitu tempat pelaksanaan acara inti di Rumah Makan Sari Rasa, Jalan Bhayangkara, Wonosobo. Bapak/Ibu guru dan karyawan melaksanakn salat dzuhur terlebih dahulu dan akhirnya pukul 13.00 WIB acara bisa dilaksanakan.

Susunan acara pada kegiatan perpisahan adalah: pertama, pembukaan. Kedua, sambutan panitia yang diwakili oleh ketua panitia. Dilanjutkan dengan sepatah kata dari Bapak Subandiyo, S.Pd mewakili purna tugas. Kemudian penyerahan cendera mata dan pengajian yang pada kesempatan tersebut diisi oleh Bapak Haji Rajiyono, S.Pd.I. Penutup perpisahan ini adalah sebagai bentuk penghormatan serta apresiasi dari Bapak/Ibu guru dan karyawan SMP Negeri 12 Yogyakarta kepada Bapak Subandiyo, S.Pd yang telah mengabdikan diri sebagai guru selama 30 tahun serta di SMP Negeri 12 bertugas 3 tahun 8 bulan. Sedangkan Bapak Sofwan, M.Pd bertugas di SMP 12 kurang lebih selama 1 tahun. Acara berjalan dengan lancar dan semua bisa menikmati baik dari perjalanan menuju Dieng kemudian ke objek, maupun menu yang disediakan di Rumah Makan Sari Rasa, Dieng. Pukul 16.00 WIB rombongan meninggalkan Rumah Makan Sari Rasa kemudian pulang ke sekolah terbagi menjadi tiga kloter Kloter pertama sampai di sekolah pukul 18.00 WIB dan yang terakhir tiba pukul 21.00 WIB. Alhamdulillah semua selamat sampai tujuan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *